16 November 2012

Day 1: Ende ke Maumere



Pukul 16.00. Sopir travel sudah menelpon untuk bersiap dijemput, Encim Tuteh baru saja tiba di rumah dari rangkaian perjalanan yang panjang, Ende-Kupang-Jakarta-Jogja-Surabaya-Kupang-Ende. Terpaksa saya meminta waktu lebih dari sang sopir agar kami yang terakhir dijemput saja.
Sang sopir akhirnya mengerti.
Semakin sore, mobil avanza yang dijadikan angkutan umum itu merapat ke rumah encim Tuteh. Menciduknya yang baru selesai packing ulang. Nyaris saja kelupaan tiket pulang saya dan kopi untuk teman-teman di Makassar.

Setelah menempuh perjalanan darat dari Ende menuju Maumere selama kurang lebih 5 jam Saya dan Encim Tuteh menginap di rumah Rama Rodja. Perjalanan yang mengasyikkan karena kali ini bebas motion sickness, Om sopir mobil travelnya memang hebat. Padahal perjalanan rute Ende Maumere itu banyak terdapat kelokan dan jurang. Siapapun yang belum terbiasa dengan rute seperti ini biasanya akan mabuk. Saya sudah mempersiapkan obat anti mabuk di dalam tas. Dan ternyata saya tidak perlu meminumnya. Obat itu masih utuh 10 tablet hingga tiba di Maumere. Dengan biaya perjalanan seharga 70.000 ribu rupiah per orang akhirnya kami tiba di Maumere, ibukota dari Kabupaten Sikka.

Kami tiba pukul 9 malam, tentu saja masih tanggal 7 bulan November. Kami disambut oleh Kiki anak Rama dan Santi yang sudah pintar berjalan.
Setahun lalu kami juga menginap di rumah mereka semalam, waktu itu Kiki masih merangkak.
Mencari makan di Maumere tidak susah, meski beberapa tempat sudah mulai sepi, masih ada warung yang menyediakan makanan halal. Kami memilih sebuah tempat fastfood yang juga punya cabang di Ende. Kota kabupaten yang berbatasan langsung di sebelah timur Ende itu memang lebih luas dan maju daripada Kabupaten lain di Flores, mereka punya berbagai Departement Store,  mereka punya jaringan toko buku terbesar dan terlengkap, bahkan untuk mengurus passport dan sebagainya harus datang ke kabupaten ini. Bandaranya pun lebih luas dan melayani penerbangan domestic lebih banyak dari pada Ende. Karena itulah kami harus menempuh perjalanan jauh dari Ende, untuk bisa terbang menuju Makassar, menuju Kopdar Blogger Nusantara 2012.

Tunggu kami ya, Makassar!

4 komentar:

Pekanbaru Sore Hari mengatakan...

Lengkap banget ulasannya jadi pingin berangkat kesana juga degh tapi yang pasti berangkat dengan keluarga

fauwzya mengatakan...

hayuk ke Flores :)

astin soekanto mengatakan...

tanya donk bro, no telp travel dr ende ke maumere. Thx

siswono suherman mengatakan...

Numpang tanya..
Harga penginapan di ende brp ya??
Ada yg murah gak??
Kisaran 50 rb gt...

Posting Komentar