17 April 2015

Kanawa, Tempat Pelarian yang Menawan

Kanawa. Agak sedikit nuansa Jepang di dalam kata ini. Tapi Kanawa ini adalah nama sebuah pulau tropis di bagian barat pulau Flores. Kenapa namanya Kanawa? Entahlah.
Kanawa adalah pulau tak berpenghuni yang dibuka sebagai resort. Dengan jarak tempuh kurang lebih sejam dari pelabuhan Labuan Bajo menggunakan kapal (yang biaya sewanya sudah include dalam sewa kamar) keindahan pulau tropis dan bawah lautnya yang cantik sudah bisa dinikmati. Untuk bagaimana cara booking dan sebagainya gugling ya.. website bungalownya ada kok :p
 
kami merapat, kapten!

Kanawa beach and bungalow menyiapkan belasan bungalow dengan harga yang lumayan yaa.. pokoknya saya dapat di bungalow yang 3 meter di depannya adalah pasir putih dan laut warna turqouise.
Berenang dan menyelam bebas (baca: cuma 10 detik tahan napas dalam air) sudah bisa melihat ikan aneka warna yang super duper menggemaskan pengen digoreng dan digigit. lha! tapi serius ikannya bener menggemaskan, berenang di sekitar kaki kita sembunyi di terumbu karang, lalu muncul kembali seperti main petak umpet. bule-bule yang jago renang itu bisa berjam-jam snorkeling tanpa sedikitpun keluar dari air. sepertinya sudah tersihir sama alam bawah laut pulau Kanawa. selain berenang kita bisa main kano. Ada kano yang tertambat di dermaga kayu, sempat dicoba... dengan tali masih tertambat, renangnya cuma bisa di setinggi dada gini. horor juga kalau oleng dan nyemplung. Apalagi sempat ketemu baby shark asyik masyuk bermain hingga ke tepi. jadi kepikiran. buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. bayi hiu pasti main tidak jauh dari emaknya. T_T

 


 
Soal Matahari Terbenam.
Jawabnya cantiknya luar biasa!
Di Kanawa kita juga bisa melihat senja indah dengan dua cara; duduk selonjor di tepi pantai sambil bermain air atau mendaki ke atas bukit di belakang bungalow untuk melihat senja dan pantai sekaligus.
Saya memilih yang pertama. Dua kali bersenja-ria sambil selonjoran di pasir putih, laut yang tenang kadang pecah karena ikan yang loncat atau terbang, bunyi suara burung pulang ke sarang, sisanya ketenangan yang mengagumkan. terbatasnya jumlah bungalow membuat pulau tidak banyak dikunjungi, jadi bagi yang ingin menyepi di sini tempat yang pas. Apalagi dengan jaringan yang lebih banyak hilang ketimbang munculnya, kita dipastikan merdeka! Kanawa, tempat pelarian yang menawan. Yeah! Bye-bye kerjaan!

Soal Matahari Terbit.
Jawabnya indahnya minta ampun!
Bangun pagi, buka pintu kamar dan langsung disuguhi pemandangan yang seperti lukisan. Iya, lukisan. Lukisan Sang Pencipta. Matahari terbit semburat merah di ufuk timur dari balik Pulau Flores dan laut yang tenang seperti cermin yang memantulkan kembali bayangan langit.
Desah kehidupan dimulai dari timur menyentuh pulau Kanawa dengan lembut, tamu-tamu bungalow memulai tracking keliling pulau, ada yang mendaki ke atas bukit, ada yang langsung masuk ke dalam dunia laut, ada yang memutuskan untuk leyeh leyeh saja di balai balai depan kamar sambil menunggu breakfast.



tebak, sunset atau sunrise?
 
 
Selain laut dan pantai,  bukit di belakang bungalow ini juga banyak menyedot perhatian pengunjung untuk diakrabi. Pasalnya view di atas puncak bukit mampu menjangkau jauh dan menyeluruh. Pemandangan laut beserta isi pulau dan bungalow dapat dipantau dari puncak. Selain itu bukitnya ditumbuhi rerumputan khas pulau tropis, hijau menguning, bisa buat jadi latar foto yang unik.

 
Untuk ke Kanawa memang perlu disiapkan budget yang lumayan, khususnya cost untuk makan. Makan yang ditanggung bungalow adalah breakfast, lunch dan dinner dapat dipesan di restorant Kanawa dengan rate yang bisa dibilang mahal (teringat es teh segelasnya 35.000 IDR). glek.
Omong-omong sesoal restaurant, dinner kamu bisa jadi sangat romantis di sini. Makan malam di bawah terang bulan dan bintang, di bawah kanopi pohon almond yang digantungi lampion.. diiiringi suara laut. Syahdu.
ini narsis duluan sebelum tamu bungalow datang menyerbu makan malam

 
 
Karena sudah pernah bertemu Komodo di trip sebelumnya, kali ini memang khusus untuk leyah-leyeh di Kanawa saja. Pokoknya rest and relax. Sebetulnya Kanawa beach and resort juga menyediakan paket perjalanan ke pulau-pulau lainnya dengan tarif sendiri. Bisa untuk trip bertemu komodo juga.
Tapi beberapa teman yang sudah pernah ke Kanawa berkomentar setelah melihat postingan foto saya di sosial media, kata mereka Kanawa banyak berubah.
Ada benarnya juga sih. Tidak ada lagi tulisan 'Kanawa" dari bambu-bambu yang menjadi icon pulau ini, sebelumnya balai-balai juga ada disewakan hingga kemah dengan harga yang lebih terjangkau kantong pada pejalan hemat, menu makanan juga berenaka ragam, menu italiano yang dimasak langsung oleh koki Italy.. Apakah ada perubahan manajemen bungalow? I don't want to know. Just go and ask them www.kanawaislandresort.com
 
Yang penting pulau Kanawa sudah menjadi bagian indah dari sebuah cerita. Kanawa yang menawan.
 
 
with love from Kanawa. *kiss kiss*
 
 





 

2 komentar:

Jalan2 Liburan mengatakan...

sekarang minimun keknya untuk nginep 3 hari juga deh, dan sayang banget bale - bale udah gak ada, aku waktu itu nginep di bale-bale and had such a great times !


Facts about The Kanawa Island Resort

fauwzya mengatakan...

iya mbak. banyak yg berubah. bale dan tenda sudah tidak lagi. cuma bungalow aja sekarang. dan harganya juga naik naik ke puncak gunung

Posting Komentar